Kamis, 23 Juli 2020

E-COMMERS (T3)

Pengalaman Menggunakan E-Commers

Di era teknologi yang cukup canggih ini, hampir di segala sektor mengandalkan teknologi, termasuk industri perdagangan. Dahulu kita bertransaksi, kita harus bertemu dengan penjual. Namun sekarang dengan adanya teknologi jual beli secara online, semua terasa lebih mudah. Tetapi jangan lupa, e-commerce ini juga memiliki keuntungan dan kekurangan.

Di sini saya ingin berbagi pengalaman saya membeli barang di salah satu online shop. Dan ini juga menjadi tugas mata kuliah saya, Pengantar ecommers. Sekitar minggu lalu, saya sedang mencari Hiasan dinding di salah satu platform yaitu lazada,banyak sekali hiasan dinding yg unik dan harga nya pun terjangkau sehingga saya tertarik untuk membelinya.

Oke sekarang saya jelaskan bagaimana saya melakukan transaksi di lazada pada waktu itu. Pertama yang harus saya lakukan adalah mendaftarkan diri kita untuk menjadi member lazada.Pendaftarannya sangat mudah hanya membutuhkan verifikasi email saja dan nantinya kita akan mendapatkan akun lazada  kita bisa isi informasi kita di akun Lazada.Setelah melakukan pendaftaran, kita klik barang yang kita ingin beli. Karena di sini saya memilih handphone tanpa promo dari bank, maka saya klik gambar yang tanpa promo dari bank. Nanti akan tampil spesifikasi handphone tersebut, termasuk review dari beberapa konsumen lainnya. Kita masukkan jumlah barang yang ingin dibeli lalu klik beli. Lalu kita isi tempat pengiriman, pilih metode pengiriman, dan pilih metode pembayaran. Untuk metode pengiriman saya menggunakan jne reguler, metode menggunakan virtual akun, dan barang dikirim ke rumah saya. Dalam waktu beberapa menit saya sudah dapat memesan barang yang kita mau tanpa harus ke toko dan melihat lihat barangnya. Tadi saya sebutkan bahwa saya memilih metode pembayaran virtual akun, metode ini adalah kita nantinya mendapat nomor rekening salah satu bank, nanti kita transfer ke rekening tersebut. Saya transfer uang pembayaran dan menunggu status pembayaran diterima. Setelah itu saya tinggal menunggu barang sampai ke rumah. Selesai, mudah bukan? Ya ini adalah keunggulan dari e-commerce.

Sebenarnya cukup khawatir sih, karena barang yang saya pesan adalah barang pre-order. Saya tidak tahu kapan barang itu akan dikirim. Teman saya yang pernah beli barang pre-order mengatakan mungkin barang akan sampai 2 minggu lagi atau bisa lebih. Cukup lama juga, tetapi ya namanya barang baru keluar bulan depan dan saya sudah pesan 1 bulan sebelumnya cukup wajar juga sih. Tetapi untungnya barang sampai rumah sekitar 1 minggu sejak status pemesanan menjadi proses pengiriman. Barang sudah ada di tangan saya dengan selamat dan masih tersegel berlapis dengan plastik gelembung yang menandakan bahwa barang belum dibuka sekalipun dan sebagai pelindung dari guncangan atau benturan.

Ya, itulah pengalaman saya mengenai berbelanja di online shop. Selain itu kita juga bisa membandingkan harga di tempat lain, tanpa kita harus pindah tempat dari satu toko ke toko lain dengan berjalan atau sesuatu yang melelahkan. Tetapi tidak ditutup kemungkinan juga ada penipuan dalam transaksi online shop. Untuk itu kita juga harus berhati hati dalam memilih situs online shop tempat kita berbelanja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

E-COMMERS (T6)

TUGAS KLASIFIKASI  E-COMMERS  DALAM 2 JENIS B2C  & C2C   klasifikasi B2C - Other Service  Dimana layaanan ini sebagai tempat...